Ini Dia Profil dari Tim Sepak Bola PSIS! Sepak bola sudah menjadi bagian dalam kehidupan sebagian besar orang, terutama di kalangan para pria. Banyak di antara mereka yang rela begadang hingga larut malam untuk menonton pertandingan yang ditunggu-tunggunya. Bahkan ada pula yang menyempatkan diri di antara kesibukan dengan menonton live streaming di laptop ataupun smartphone kesayangan mereka.

Semua hal tadi dilakukan demi menyaksikan tim yang difavoritkan bertanding dengan tim lawannya. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kecintaan mereka terhadap tim tersebut, hingga merelakan banyak hal demi mendukung tim tersebut. Tim sepak bola yang ada di Indonesia sendiri ada begitu banyak dan setiap timnya memiliki kelebihannya sendiri. Salah satu tim sepak bola yang berasal dari Indonesia dan sudah memiliki banyak penggemar adalah PSIS.

PSIS Semarang

Profil Tim Sepak Bola PSIS

Tim sepak bola PSIS adalah salah satu klub bola dari Indonesia yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. PSIS merupakan singkatan dari Persatuan Sepak bola Indonesia Semarang yang didirikan pada 18 Mei 1932. Cikal bakal terbentuknya PSIS ini berawal dari PS Sport Stal Spieren atau yang disingkat menjadi PS SSS. Namun, nama PS SSS tidak berlangsung lama karena setelah itu diganti menjadi Voetbalbond Indonesia Semarang. Tidak lama setelah pergantian nama tersebut, terjadi pergantian nama dari VIS menjadi PSIS.

Sama seperti tim sepak bola yang lainnya, pasukan dari PSIS ini juga memiliki julukan yaitu Laskar Mahesa Jenar. Kemampuan para pemain dari PSIS sendiri dilatih di stadion Jatidiri, Semarang yang menjadi markas mereka. Pelatih tim PSIS adalah seorang pria berwarganegara asing bernama Dragan Dukanoviv, serta Widyantoro sebagai asistennya. Selain untuk berlatih, stadion tersebut biasa digunakan sebagai tempat untuk bertanding.

Mulai dari awal berdirinya, tim sepak bola PSIS sudah mendapatkan banyak prestasi yang patut untuk dibanggakan. Seperti halnya pada saat menduduki posisi pertama di Kompetisi Divisi Utama Perserikatan PSSI tahun 1987. Selain itu, PSIS juga pernah menjadi juara pada Liga Indonesia 1999. Tidak hanya sampai di situ saja, karena PSIS juga pernah menjadi rumner up di Liga Indonesia pada tahun 2006. Sebelum itu, di beberapa tahun ke belakang pun PSIS sempat mendapatkan prestasi lainnya.

Pada tahun 2000-an, tepatnya pada tahun 2005 dan 2006 kerap disebut sebagai tahun era emas dari PSIS. Tahun tersebut PSIS sempat menduduki salah satu posisi pada Liga Indonesia, dua tahun berturut-turut sebagai juara ke-3 dan runner up. Mengingat Liga Indonesia adalah kasta tertinggi pada dunia persepakbolaan di Indonesia pada saat itu. Salah satu pemain emas pada era tersebut adalah M. Ridwan.

legenda PSIS

Legenda Sepakbola PSIS

Sejak awal kemunculan dari tim sepak bola PSIS ini, sudah ada banyak pemain-pemain yang menjadi legenda di dalam PSIS. Misalnya saja Kholil Danu Atmodjo dan Jasrin Jusron yang ikut serta dalam kejuaraan PSSI pada tahun 1959 dan mendapatkan peringkat ke-3. Tidak hanya sampai di situ, karena mereka berdua juga ikut serta menjadi anggota Timnas pada Olimpiade Melbourne pada tahun 1956. Selain itu, masih ada banyak legenda yang bermunculan dari PSIS.

Sepanjang tahun 2007, pemain dari PSIS mencetak gol terbanyak yaitu sebanyak 20 gol oleh Julio Lopez. Sedangkan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah PSIS adalah Hari Nur Yulianto yang total gol yang didapatkan adalah 43 gol. Posisi keduanya diduduki oleh Julio Lopez, yang berhasil mencetak gol sebanyak 36 gol. Selain dari prestasi tersebut, pendukung dari PSIS pun tidak kalah yaitu Panser Biru dan Snex, yang selalu setia mendukung PSIS.

Demikian profil dari tim sepak bola PSIS yang dapat disampaikan.