Profile Tim Sepak Bola PSS Sleman yang Harus Diketahui! Siapa yang tidak kenal lagi dengan PSS Sleman atau Persatuan Sepak Bola Sleman? Diketahui bersama bahwa klub ini akan ikut serta dalam Liga 1 musim 2019, loh. Hal itu terjadi karena PSS Sleman menjadi salah satu klub dengan status promosi sebab sudah meraih juara pada kompetesi Liga 2 tahun lalu yakni tahun 2018. Stadion yang digunakan oleh klub tersebut pastinya Stadion Manguwoharjo sebagai laga kandang.

Sejarah Tim Sepakbola PSS Sleman

Sejarah menyebutkan bahwa PSS Sleman mempunyai riwayat pemain-pemain tersohor seperti Joice Sorongan, Mauly Lessy, Seto Nurdiantoro, Kurniawan Dwi Yulianto, Rocky Putiray, Budi Sudarsono, Suwita Pata, Jaenal Ichwan, dan T.A Musafri. Pemain-pemain tersebut jugalah yang membela Indonesia dengan masuk menjadi Timnas.

Untuk pemain asingnya tim sepak bola PSS Sleman juga pernah dihiasi oleh Alvredo Vera, Claudio Vijan, Guy Junior, Bruno Casmir, Carles Orock, Gaston Castano, hingga Noh Alam Shah. Mereka merupakan pemain handal dan berkelas yang pernah ada. Namun, selain itu ada beberapa pemain asing yang paling sampai sekarang dikenang dan selalu diingat oleh warga Sleman ialah trio Brazil, yakni Jeldecir Jesus ‘Deca’ dos Santos, Marcelo Braga dan Anderson da Silva,

Klub ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang didirikan oleh Sugiarto SY, H. Suryo Aryono, Subardi, Hartadi dan juga Sudarsono KH pada sekitaran tahun 1976. PSS Sleman sendiri ada karena sebuah bukti warga Sleman bahwa kurangnya pantauan dari pemerintah terhadap potensi sepak bola di daerahnya. Mengingat di bagian wilayah Bantul dan Yogyakarta sendiri sudah terstruktur dalam pembinaan tim sepak bola yaitu Persiba Bantul dan PSIM Yogyakarta.

pss slemen

Dimulai dari sebuah keingginan inilah akhirnya warga Sleman menemukan jalan untuk membuat tim sepak bola sendiri. Dengan sebelumnya sudah adanya informasi dari Prof. Dr. Sardjono yang waktu itu sedang menjabat sebagai Komda PSSI DIY. Satu hal yang menguntungkan adalah bahwa Sleman sendiri sudah memenuhi kriteria sebagai syarat mendirikannya perserikatnya. Itu dikarenakannya ada lima klub dalam daerahnya ialah AMS Seyegan, PSK Kalasan, PS Mlati, PSKS Sleman, dan Godean Putra. Maka atas dalih itu hari Kamis, 20 Mei 1976, Tim Sepak Bola PSS Sleman dibentuk dengan Ketua Umum yaitu Gafar Anwar.

PSS Sleman mengukir perjalanannya dengan mengikuti ajang seleksi pemain dalam Pra PON DIY untuk bergabung dalam tim tersebut nantinya. Di mana akan dilaksanakan di Stadion Kridosono, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 1976 tepatnya bulan Agustus sendiri memulai perjalanan mereka di sepak bola Yogyakarta

pss sleman

Supporter SepakBola PSS Sleman

Tim sepak bola PSS Sleman memiliki suporter fanatiknya yang bernama Brigata Curva Sud atau singkatnya adalah BCS. Diketahui bersama keberandaan suporter dalam setiap pertandingan PSS Sleman membawa dampak baik dan pemamtik semangat lewat suara-suara dukungan dan atraksi di dalam stadion. Sebagai pemain kedua belas, tentu saja lawan akan menatap horor para suporter karena hawa teror yang membahana di setiap pertandingan.

Setiap keberhasilan-keberhasilan ini tidaklah luput dari tangan dingin sang pelatih yaitu Seto Nurdiyantoro. Seto Nurdiyantoro membuktikan diri bahwa ia mampu membawa PSS Sleman menjadi tim yang tak kalah saing dibandingkan klub-klub lainnya di Liga 1 musim 2019 kali ini.

Lantas sebagai penggemar sepak bola Indonesia pastinya akan mendukung klub-klub yang bertanding termasuk tim sepak bola PSS Sleman di Liga 1 tahun 2019 ini. So, jangan sampai ketinggalan setiap pertandingannya ya!