Mengenal Lebih Jauh Profile Tim Sepak Bola Tira-Persikabo di Liga 1 2019! Persikabo adalah tim sepak bola yang berasal dari Bogor. Bukan hal baru dalam dunia sepak bola. Namun, pada tahun ini terjadi merger dalam kubu Persikabo yang akhirnya bergabung dengan PS TIRA dan berganti nama menjadi TIRA-Persikabo. Hal ini diupayakan agar klub lebih sehat dalam mengelola finansial dan profesional dalam badan pengurusan.

Kehadiran TIRA-Persikabo akan membuat warga Bogor lebih antusias atau bergairah karena kemunculan mereka di Liga 1 2019 ini. Klub tersebut terbangun dari sebuah konklusi dari konflik berkepajangan sewaktu itu antara PSSI dan Kemenpora. Di mana ujungnya adalah pembekuan keanggotaan PSSI oleh FIFA selaku badan dunia di sepak bola.

Sehingga tim sepak bola Tira-Persikabo akhirnya dibentuk untuk mengikuti ajang Piala Jenderal Sudirman pada tahun 2015. Adanya Piala Jenderal Sudirman dikarenakan tidak adanya kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama. Semua itu diakibatkan dari pembekuan PSSI oleh FIFA.

Pada waktu itu sebelum bergabung ke Persikabo Bogor, PS TNI bergabung dengan PSMS Medan dalam ajang Piala Jenderal Sudirman. Bukan hal mudah, karena mereka sukses hingga perempat final. Namun, kebersamaan antara PSMS Medan dan PS TNI tidaklah lama. Sebab, sehabis Piala Jenderal Sudirman selesai maka PSMS Medan memutuskan untuk berjalan dalam pengurusan sendiri.

kabo mania

PS TNI sendiri tetap dipertahan dan pada tanggal 30 Maret 2016, klub tersebut akhirnya resmi mengakusisi Persiram Raja Ampat dalam membentuk sebuah tim. Pada tanggal 19 Januari 2018 akhirnya nama PS TNI berubah menjadi PS TIRA yang mwrupakan singkatan dari TNI dan Rakyat. PS TIRA juga memiliki julukan The Young Warriors. Ini terjadi sebelum adanya tim sepak bola TIRA-Persikabo.

Pada kompetisi tahun 2019, PS TIRA membuat benteng pertahanan dengan adanya empat pemain handal yaitu Mariano Berriex, Kim Sang-min, Gustavo Lopez, dan striker Aleksandar Rakic. Walau begitu, hingga akhir musim penampilan PS TIRA masih kurang konsisten sehingga hampir saja menyentuh area degradasi yaitu posisi ke-15 dari 18 klub sepak bola yang bertanding di Loga 1 2019.

Kini untuk menyambut ajang bergengsi Liga 1 2019, PS TIRA kembali membuat gebrakan baru yaitu dengan menyatukan diri ke Persikabo Bogor. Sehingga menjadi tim sepak bola TIRA-Persikabo atau singkatnya TIRA-Kabo pada bulan Januari lalu. Di mana, markas yang akan digunakan adalah Stadion Pakansari.

Tira-Persikabo

Dalam hal ini, klub ini ternyata sudah berganti nama sebahyak tiga kali, tak mengapa karena tujuan dari merger ini adalag untuk membangun tim sepak bola yang profesional. Untuk skuat TIRA-Persikabo sendiri untuk Liga 1 2019 yaitu:

  • Kiper: Teguh Amiruddin, Syahrul Fadil dan Angga Saputra.
  • Bek: Khurshed Beknazarov (asing Asia), Rifad Marasabessy, Vava Mario Yagalo, Zoubairou Garba, Herwin Tri Saputra, Roni Sugeng, Izmy Hatuwe, Andy Setyo, Abduh Lestaluhu, dan Mahdi Albaar.
  • Gelandang: Louise Parfait (asing), Manahati Lestusen, Guntur Triaji, Rezky Ikhwan, Ahmad Nufiandani, dan Wawan Febrianto.
  • Striker: Osas Saha, Dimas Drajat, Sansan Fauzi, Loris Arnaud (asing), dan Ciro Henrique (asing).

Setelah mengetahui profile tim sepak bola TIRA-Persikabo yang akan bertanding pada Liga 1 2019 ini. Maka, akan menambah khazanah dalam dunia sepak bola. Hal ini bisa membuat para penggemar sepak bola di Indonesia paham bahwa TIRA-Persikabo adalah bagian dari klub yang akan meramaikan Liga 1 musim 2019 ini. Semoga bermanfaat!